Peran humas saat ini tidak hanya sekadar menjalin hubungan baik dengan wartawan. Humas modern juga menjadi “wartawan” bagi institusinya. Tujuannya tak lain untuk membangun reputasi, citra, kredibilitas, dan mempromosikan secara tidak langsung institusinya.
Penting bagi seorang humas membekali diri keterampilan jurnalistik layaknya jurnalis, yakni kemampuan menyajikan berita yang aktual, penting, menarik, dan berdampak bagi institusinya. Selain itu, mengetahui nilai berita, elemen berita, etika pemberitaan, bahasa jurnalistik yang efektif, dan fotografi jurnalistik sehingga seorang humas mampu menghasilkan produk informasi–artikel berita, advertorial, maupun siaran pers–yang baik.
Sangat disayangkan jika ada informasi penting sebuah instansi yang dinanti para pemangku kepentingan–pemegang saham, investor, pemerintah, media, dan masyarakat–terpendam. Padahal layak diketahui oleh publik.
Pelatihan ini membekali peserta tentang bagaimana menjalin hubungan dengan media dan mempublikasikan instansi/perusahaan sehingga dapat meningkatkan citra dan memberikan dampak positif bagi instansi/perusahaan.